Home / Kabar Sumut / Bupati Asahan Kenduri Suroan Bersama Warga Pujakesuma Aeksongsongan

Bupati Asahan Kenduri Suroan Bersama Warga Pujakesuma Aeksongsongan

ASAHAN – Menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, Keluarga Besar Pujakesuma Kecamatan Aeksongsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, menggelar Kenduri Suroan, di Dusun VIII, Desa Bandarselamat, Sabtu (29/8/2020).

Acara ditandai resepsi pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Asahan, H Surya BSc, yang dihadiri pimpinan OPD, camat, keluarga besar Pujakesuma Kabupaten Asahan dan Kecamatan Aeksongsongan, serta unsur fokopimca dan tokoh masyarakat Aeksongsongan.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan, H Surya, memyambut baik penyelenggaraan Kenduri Suroan Keluarga Besar Pujakesuma Kecamatan Aeksongsongan, dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah.

Apalagi menurutnya, penyelenggaraan Kenduri Suroan telahsecara langsung menunjukan kekayaaan adat-istiadat dan tradisi di Kabupaten Asahan.

“Di Kabupaten Asahan ini, mayoritas penduduknya adalah suku Jawa. Atas dasar itu, warga Jawa harus berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Asahan,” ujar Surya.

Secara khusus, Surya yang juga Dewan Pembina DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan tetap menghimbau warga Jawa di Kabupaten Asahan selalu memelihara sifat kegotong-royongan.

“Pesan saya, mari kita jadikan Kenduri Suroan ini sebagai upaya melestarikan tradisi dan nilai budaya Jawa, demi mengantisipasi pengaruh negatif globalisasi budaya terhadap generasi muda kita saat ini,” serunya.

Sementara itu, Ketua Harian DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan, Wage Trimana, mengatakan, Kenduri Suroan merupakan sarana yang efektif dalam mempererat hubungan silaturahmi antara sesama warga Pujakesuma di Kabupaten Asahan, khususnya di Kecamatan Aek Songsongan.

“Saya minta seluruh Pengurus dan Keluarga Besar Pujakesuma di Kabupaten Asahan agar dapat terus menumbuhkembangkan tradisi dan nilai budaya Jawa kepada generasi muda. Sehingga budaya Jawa dapat terus bertahan hingga ke masa yang akan datang,” ujar Wage.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Suroan, sekaligus Sekretaris DPC Pujakesuma Kecamatan Aeksongsongan, Wagimin, mengungmapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Asahan, H Surya Bsc, yang bersedia hadir pada peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah di Kecamatan Aeksongsongan.

Menurutnya, Kenduri Suroan merupakan tradisi perayaan Tahun Baru Islam yang biasanya dilaksanakan sesuai perhitungan dan penanggalan masyarakat Jawa Islam.

“Atas dasar inilah, peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah kita laksanakan pada tanggal 10 Muharam melalui Kenduri Suroan. Harapannya, agar tradisi dan nilai budaya masyarakat Jawa dapat terus lestari,” ujar Wagimin. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kehadiran Lisa Di Perum Grand Marcapada Disambut Antusias Warga

BINJAI – Calon Walikota Binjai periode 2021-2024, Hj. Lisa Andriani Lubis, S.Psi ...