Home / Kabar Sumut / Bicara Surat Keterangan Waris, Ini Penjelasannya

Bicara Surat Keterangan Waris, Ini Penjelasannya

MEDAN – Surat keterangan waris adalah surat yang dibuat oleh pejabat berwenang, dimana isinya menerangkan siapa saja pihak yang sudah meninggal dunia dan siapa pula pihak-pihak yang berhak mewarisinya.

Berdasarkan keterangan waris, pihak ahli waris akan mendapatkan hak dan kewajibannya dari pihak pewaris.

“Sayangnya hingga detik ini, belum ada satupun hukum positif atau peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hak pewarisan, serta pejabat ataupun instansi yang berwenang menenerbitkan akta waris tersebut,” ungkap Notaris Senior, Cipto Soenaryo SH MKn, saat tampil. Sebagai orang bicara pada iskusi bertajuk “Peran Notaris dalam Pembuatan Akta Hak Waris Golongan Tionghoa” di Avros Park, Medan, Kamis (27/8/2020).

Cipto menjelaskan, kewenangan dalam membuat surat keterangan waris terbagi dalam 3 (tiga) bagian. Pertama, katanya, untuk golongan pribumi. Surat ini dibuat di bawah tangan yang disaksikan dua saksi, serta diketahui lurah dan disahkan oleh camat.

Kedua, lanjut Cipto, untuk golongan Tionghoa. Kewenangan penerbitan surat keterangan waris pada dasarnya ada pada notaris, dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan wasiat.

Sedangkan yang ketiga, untuk golongan WNI turunan timur asing, yakni India dan Arab. Dimana, pihak yang berwenang menerbitkan keterangan warisnya adalah Balai Harta Peninggalan (BHP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

30 ASN di Asahan Uji Penyesuaian Kenaikan Pangkat

ASAHAN – Sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten ...