Home / Kabar Sumut / Keuangan Terbatas, Pemkab Asahan Tak Lagi Fasilitasi Pemulangan PMI

Keuangan Terbatas, Pemkab Asahan Tak Lagi Fasilitasi Pemulangan PMI

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan tidak lagi dapat memfasilitasi pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang masih berada di Malaysia. Hal ini disebabkan karena kemampuan keuangan daerah yang terbatas.

“Karena keterbatasan kemampuan keuangan daerah, sehingga kita tidak dapat memfasilitasi pemulangan lanjutan PMI di Malaysia,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar, Rabu (19/8/2020) malam.

Rahmat mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia dan Diaspora Network Chapter Indonesia, diperoleh informasi jika Pelabuhan Port Klang, Malaysia, telah kembali beroperasi sejak 18 Agustus 2020.

Dari informasi ini, Imigrasi Malaysia diketahui telah memberi kemudahan kepada WNI, TKI, PMI, dan WNI-B yang berstatus ilegal atau tinggal di Malaysia tanpa dokumen resmi, untuk pulang ke tanah air, dengan catatan memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan Imigrasi Malaysia.

“Bagi WNI, TKI, PMI, dan WNI-B, yang ingin kembali ke tanah air, dapat mendatangi kantor imigrasi terdekat di Malaysia atau melakukan pendaftaran secara online di Portal Imigrasi Malaysia, asalkan memiliki paspor atau Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang masih berlaku,” terang Rahmat.

Hanya saja menurutnya, mereka tetao diwajibkan membayar kompoun atau denda, yang telah ditetapkan oleh pihak Imigrasi Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Buka Turnamen Volley Marcapada CUP I

BINJAI – Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi secara resmi membuka Turnamen ...