Home / Kabar Sumut / Kasus Dugaan Penambangan Ilegal, Polresta Deliserdang Segera Tetapkan Tersangka

Kasus Dugaan Penambangan Ilegal, Polresta Deliserdang Segera Tetapkan Tersangka

DELISERDANG – Satreskrim Polresta Deliserdang memaparkan hasil penyelidikan dan penyidikan kasus dugaan penambangan batu ilegal dan perambahan hutan (illegal logging), di Desa Gunung Manumpak B, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Kamis (30/07/2020).

Namun dalam pemaparan itu, polisi sejauh ini belum ada menetapkan satu pihakpun sebagai tersangka, karena masih menunggu hasil pemeriksaan saksi ahli dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, yang dijadwalkan berlangsung Senin (03/08/2020) ini.

Kasat Reskrim Polresra Deliserdang, Kompol M Firdaus SIK, mengatakan, keterangan saksi ahli dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara dibutuhkan untuk memastikan apakah aktivitas penambangan batu dan perambahan kayu masuk daoan kawasan hutan.

Dimana menurutnya, penyelidkan atas kasus tersebut dilakukan dengan menindaklanjuti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 18 Tahun 2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

“Kegiatan penambangan batu dan dugaan penebangan kayu apakah dalam kawasan hutan, baru dapat kita pastikan setelah mendengar keterangan saksi ahli dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara,” ungkap Firdaus.

Disinggung mengenai operasional PT AM, selaku perusahaan yang diduga bertanggungjawab atas aktivitas penambangan dan perambahan kayu, yang terus berjalan hingga saat ini meski tanpa memiliki izin, menurut Firdaus, pihaknya akan turun ke lokasi guna mendalami proses penyelidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

APBD Binjai Senilai Rp 1,23 Triliun Sah Diketok

BINJAI – R-APBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Binjai tahun ...