Home / Kabar Sumut / Iduladha 1441H, Jumlah Hewan Kurban di Binjai Diprediksi Turun 53 Persen

Iduladha 1441H, Jumlah Hewan Kurban di Binjai Diprediksi Turun 53 Persen

BINJAI – Menjelang Iduladha 1441 Hirjiah, Tim Monitoring Kesehatan Hewan Kurban Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai melakukan pemeriksaan kesehatan sapi, lembu, kambing, dan domba di beberapa lokasi penjualan, Senin (27/07/2020).

Kegiatan dipimpin Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, Ir Agustawan Karnajaya, serta diikuti Kepala Bidang Peternakan, drh Zefri Helmi, Kepala Seksi Kesehatan Hewan, drh Sofyan Effendi, dan sejumlah petugas penyuluh peternakan.

Menurut Agustawan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian pemeriksaan postmortem, yakni pemeriksaan kondisi fisik hewan sebelum mati atau disembelih.

Tim dokter hewan yang sedang melakukan pemeriksaan

Pemeriksaan ini sendiri dilakukan sejak 27 Juli hingga 3 Agustus 2020.”Pada hari pertama ini, alhamdulillah semua sapi, lembu, kambing, dan domba yang kita periksa layak untuk dikurbankan.

Selain sehat, hewan-hewan ini juga cukup umur,” katanya, saat meninjau pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Jalan Seibangkatan, Lingkungan II, Kelurahan Tanahseribu, Kecamatan Binjai Selatan.

Meskipun demikian Agus mengaku, jumlah hewan kurban yang disembelih pada Iduladha 1441 Hijriah diprediksi menurun drastis dibandingkan tahun lalu. Hal ini sesuai data permintaan hewan kurban per 20 Juli 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Depan, Urus Akta Kelahiran Dapat Dilakukan di Kantor Camat

ASAHAN – Sebagai upaya memperluas cakupan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan ...