Home / Kabar Sumut / Ini Tips Memilih dan Menangani Hewan Kurban Versi drh Zefri Helmi

Ini Tips Memilih dan Menangani Hewan Kurban Versi drh Zefri Helmi

BINJAI – Kurang dari sepekan lagi, Umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Iduladha. Sesuai prediksi, Idul Adha 1441 Hijriah akan jatuh pada pekan depan, yakni Jumat, 31 Juli 2020.

Iduladha atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban memiliki kesan relijius yang sangat tinggi.

Sebab pada hari itu, Umat Islam akan melakukan penyembelihan hewan secara massal.Tidak mengherankan, permintaan hewan kurban di Indonesia, seperti kambing, domba, sapi, lembu, dan kerbau, melonjak tajam jika dibandingkan dengan hari biasa.

Meskipun demikian masyarakat harus lebih memahami hewan kurban seperti apa yang memang layak dan memenuhi syarat untuk disembelih, termasuk tata cara penanganan daging hewan kurban pasca penyembelihan.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, drh Zefri Helmi, dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (24/07/2020) sore, berbagi tips cara memilih dan memperlakukan hewan kurban, serta penanganannya sebelum dan setelah penyembelihanMenurut Zefri, ada lima syarat utama hewan layak kurban.

Antara lain, hewan tersebut harus sehat, tidak cacat, tidak kurus, diutamakan jantan, tidak dalam kondisi hamil atau dikebiri, dan cukup umur, yakni satu tahun untuk kambing dan domba, serta dua tahun untuk sapi, lembu, dan kerbau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

30 ASN di Asahan Uji Penyesuaian Kenaikan Pangkat

ASAHAN – Sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten ...