Home / Kabar Sumut / Tanpa Masker, Peluang Tertular Covid-19 Capai 75 Persen

Tanpa Masker, Peluang Tertular Covid-19 Capai 75 Persen

MEDAN – Berdasarkan sejumlah pengamatan dan penelitian, seseorang yang di dalam tubuhnya terdapat virus dan tidak menggunakan masker, maka orang di sekitarnya memiliki peluang tertular hingga 75 persen, akibat percikan ludah dan droplet yang mengenai semua benda.

Sebaliknya, dengan menggunakan masker, maka peluang seseorang tertular dan menularkan virus dapat ditekan hingga 5 persen.

“Inilah mengapa menggunakan masker menjadi penting dan kami tidak akan bosan untuk mengingatkan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah, saat konferensi video, Jumat (10/07/2020).

Menurut Aris, selain melindungi diri dari cemaran droplet secara langsung, penggunaan masker dapat juga meminimalisir cemaran dan kontaminasi terhadap benda sekitar.

Hal ini pula yang menjadi alasan utama mengapa seseorang penting mencuci tangan dengan sabun di air mengalir secara rutin, baik sebelum maupun setelah beraktivitas.

“Mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh, merusak, mematikan virus, ketika kita secara tidak sengaja menyentuh benda-benda yang tercemar virus,” jelas Aris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubsu Dan Wagubsu Pantas Terima Award Sahabat Pers

MEDAN – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut optimis keterbukaan informasi dan ...