Home / Kabar Sumut / Ibu Hamil Rentan Terinfeksi Covid-19, Ini Tips Pencegahan dan Penanganannya Versi POGI

Ibu Hamil Rentan Terinfeksi Covid-19, Ini Tips Pencegahan dan Penanganannya Versi POGI

MEDAN – Ibu hamil masuk dalam kelompok orang yang sangat rentan terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), bersama dengan orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta atau komplikasi.

Demi meminimalisir dan menghindarkani resiko kesehatan fatal hingga kematian, baik terhadap ibu ataupun bayinya, maka penanganan kesehatan terhadap ibu hamil harus lebih ekstra.

“Hal ini dikarenakan saat hamil, imunitas seorang wanita akan mengalami penurunan drastis, sehingga mereka mudah tertular atau terinfeksi Covid-19,” ungkap Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumatera Utara, Iman Helmi Effendi, di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Kamis (09/07/2020).

Menurut WHO, kata Iman, selama pandemi Covid-19, ada gangguan pelayanan kesehatan dan nutrisi esensial bagi ibu, bayi, anak-anak, dan remaja.

Hal ini tentu saja berpotensi menyebabkan kesakitan dan kematian ibu, bayi, dan anak, walaupun sebenarnya kondisi itu dapat dihindarkan.

Berdasarkan data survei penduduk antar sensus (SUPAS) 2015, dia menyebut, jumlah kematian ibu di Indonesia sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bakamla RI Kembangkan Desa Maritim Silaubaru di Asahan

ASAHAN – Direktur Kerjasama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Laksma ...