Home / Kabar Sumut / Pemprovsu Terus Kembangkan Transaksi Elektronik

Pemprovsu Terus Kembangkan Transaksi Elektronik

MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus mengembangkan proses transaksi keuangan secara digital. Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memiliki beberapa aplikasi transaksi elektronik, antara lain Cash Management System (CMS) dan e-Keuangan.

“Pemprov Sumut akan terus mengembangkan sistem elektronifikasi transaksi kita. Ini harus, agar kualitas pengelolaan keuangan daerah kita terus meningkat. Aplikasi yang sudah dibuat digunakan untuk meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan kita,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, R Sabrina, melalui Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan, Arief Sudarto Trinugroho, usai mengikuti Webinar Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Menuju New Normal di Gedung Sumut Smart Province, Rabu (08/07/2020).

Dijelaskan Arief, CMS yang telah dijalankan sejak 2009 lalu merupakan aplikasi daring yang ditujukan bagi institusi untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan.

Aplikasi ini juga turut memudahkan pengguna, khususnya organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintab Provinsi Sumatera Utara, melakukan proses transfer dana kepada penyedia jasa atau rekanan.

Menurut Arief, aplikasi CMS dikembangkan menjadi dua jenis, yakni CMS Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dan CMS Non-SP2D.

Kini sudah ada 26 kabupaten/kota atau 78,78 persen daerah di Sumatera Utara menggunakan CMS SP2D, serta 32 kabupaten/kota atau 97,97 persen daerah menggublnakan CMS Non-SP2D (97,97%). Sementara OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sendiri telah 100 persen menggunakan CMS Non-SP2D dalam transaksi, baik kepada ASN maupun pihak ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bakamla RI Kembangkan Desa Maritim Silaubaru di Asahan

ASAHAN – Direktur Kerjasama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Laksma ...