Home / Kabar Sumut / Binjai / KPU Binjai Luncurkan Aplikasi e-Coklit

KPU Binjai Luncurkan Aplikasi e-Coklit

BINJAI – Jelang pelaksanaan tahapan pemungutan suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai resmi meluncurkan aplikasi e-Coklit (Pencocokan dan Penelitian Elektronik), Kamis (09/07/2020) pagi.

Aplikasi e-Coklit merupakan sistem digital pertama di Sumatera Utara, yang digunakan untuk menginput data masyarakat pemilik hak suara dari hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Resepsi peluncuran aplikasi e-Coklit dilaksanakan di Pandopo Umar Baki kota Binjai, ditandai prosesi pengenalan fitur, dan simulasi pelaksanaan tugas PPDP menggunakan aplikasi e-Coklit.

Acara dihadiri Komisioner KPU Sumatera Utara, Ira Wirtati, Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, dan jajaran komisioner lainnya, Komisioner Bawaslu Kota Binjai, Syainul Irwan, Ketua DPRD Kota Binjai, Staf Ahli Walikota Binjai, Afwan, Kabag Kesbangool Kota Binjai, T Syarifuddin, Kadis Dukcatpil Kota Binjai, Tobertina Sitepu, unsur forkopimda, serta para penyelenggara pemilihan tingkat kecamatan se-Kota Binjai.

Komisioner KPU Sumatera Utara, Ira Wirtati, dalam sambutannya, mengapresiasi peluncuran aplikasi e-Coklit oleh KPU Kota Binjai. Sebab dia menilai, aplikasi ini adalah sistem pendataan pemilih digital pertama yang diterapkan di Sumatera Utara.

“Harapan kita, aplikasi e-Coklit dapat pula diterapkan oleh KPU di 22 kabupaten/kota lainnya, yang turut menyelenggarakan Pilkada,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubsu Dan Wagubsu Pantas Terima Award Sahabat Pers

MEDAN – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut optimis keterbukaan informasi dan ...