Home / Kabar Sumut / Gubsu Inginkan Fasilitas Pariwisata di Kaldera Toba Ditingkatkan

Gubsu Inginkan Fasilitas Pariwisata di Kaldera Toba Ditingkatkan

MEDAN – Dewan Eksekutif United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) dalam sidangnya ke-209 di Paris, Perancis, Selasa (07/07/2020) kemarin, menyepakati Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

Pengakuan luar biasa ini berhasil didapatkan, usai perjuangan panjang selama sembilan tahun sejak diusulkan pertama kali pada 2011 silam.

Tentu saja masuknya Kaldera Toba ke dalam jaringan UGG disambut gembira Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Hal inipun membuay Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, sangat menginginkan seluruh fasilitas pendukung pariwisata di Kaldera Toba semakin ditingkatkan, agar wisatawan merasa lebih nyaman.

“Ini semakin menegaskan Kaldera Toba bukan hanya milik kita, tetapi juga dunia. Sehingga kita perlu menjaganya bersama-sama,” ujar Edy, usai menerima laporan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, di rumah pribadinya, Rabu (08/07/2020).

Lebuh jauh Edy juga meminta masyarakat Sumatera Utara semakin meningkatkan kesadaran untuk menjaga kelestarian Kaldera Toba.

“Perjuangan untuk masuk sebagai UNESCO Global Geopark sangat panjang, dan sekarang setelah kita mendapatkannya harus bisa kita pertahankan bersama dengan menjaga kelestariannya,” seru Edy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubsu Dan Wagubsu Pantas Terima Award Sahabat Pers

MEDAN – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut optimis keterbukaan informasi dan ...