Home / Kabar Sumut / Binjai / Besok, Seluruh Penyelenggara Pemilu di Binjai Jalani Rapid Test

Besok, Seluruh Penyelenggara Pemilu di Binjai Jalani Rapid Test

BINJAI – Seluruh jajaran penyelenggara pemilu pada pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai 2020 akan menjalani rapid test, Jumat (10/07/2020). Kegiatan itu sendiri dilaksanakan secara serentak di lima puskemas terpilih pada setiap kecamatan se-Kota Binjai.

Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, didampingi Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat, Robby Effendi Hutagalung, Kamis (09/07/2020) siang, mengatakan, pelaksanaan rapid test dilakukan demi meminimalisir resiko dan potensi penularan Covid-19.

Diakuinya, kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama antara KPU Kota Binjai dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Binjai, menindaklanjuti hasil penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan KPU Kota Binjai, pada Rabu (07/07/2020) kemarin.

“Rencananya, saya dan seluruh komisioner, beserta sekretaris, bendahara, dan staf KPU Kota Binjai akan menjalani rapid test, termasuk juga anggota badan adhoc pemilu tingkat kecamatan dan kelurahan, serta seluruh calon petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP),” terang Zulfan, usai peluncuran aplikasi e-Coklit di Pendopo Umar Baki Kota Binjai.

Jika setelah menjalani rapid test itu ternyata ada penyelenggara pemilu yang dinyatakan reaktif Covid-19, maka menurutnya, KPU Kota Binjai akan meminta mereka melakukan karantina mandiri selama 14 hari, untuk selanjutnya mengkoordinasikan tindaklanjut penanganannya dengan Gugus Tugas Percepatan Oenanganan Covid-19 Kota Binjai.

“Untuk calon PPDP yang hasilnya reaktif Covid-19, maka posisinya otomatis kita gantikan dengan orang lain. Sebab PPDP adalah penyelenggara pemilu yang paling rentan tertular dan menularkan Covid-19. Karena dalam bertugas, mereka melakukan interaksi langsung dengan masyarakat,” ujar Zulfan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Puskesmas Sidodadi Sosialisasi Pemenuhan Makanan Sehat bagi Anak

ASAHAN – Puskesmas Sidodadi bersama Puskesmas Pembantu Seirenggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat, ...