Home / Kabar Sumut / Binjai / Walikota Binjai Ajak Petani Konsisten Bercocoktanam

Walikota Binjai Ajak Petani Konsisten Bercocoktanam

BINJAI – Walikota Binjai, HM idaham, mengajak para petani untuk tetap konsisten bercocoktanam, serta terus mengupayakan lahan-lahan produktif yang ada sebagai areal budidaya tanaman pangan.

Hal tersebut diungkapkannya saat ikutserta dalam kegiatan penanaman padi perdana dengan sistem tanam jajar-legowo (jarwo) di Kelurahan Sumberkarya, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (07/07/2020) pagi.

“Ini penting, mengingat ketersediaan bahan pangan saat penurunan kemampuan ekonomi selama pandemi Covid-19 memang harus dijaga,” ungkap.Idaham, didampingi Ketua TP PKK Kota Binjai, Lisa Andriani Idaham.

Dia mengakui, selama pandemi Covid-19, pertanian merupakan salah satu sektor yang tetap mampu bertahan. Hal ini dikarenakan tetap tingginya volume permintaan dan kebutuhan bahan pangan, meskipun terjadi penurunan daya beli masyarakat.

“Pada dasarnya Pemerintah Kota Binjai akan terus mendorong peningkatan produktivitas pertanian, khususnya tanaman pangan. Dan selama.pandemi Covid-19 ini, kita upayakan masa panen lebih cepat,” ujar Idaham.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Binjai, Agustawan Karnajaya, mengatakan, penanaman padi perdana dengan sistem tanam jarwo dilakukan pada lahan sawah seluas 7 hektare dan lahan darat seluas 5 hektar, yang dikelola oleh anggota Kelompok Tani Setia Jaya.

Sistem tanam jarwo sendiri merupakan teknik penanaman padi dengan memanipulasi lokasi pertanaman, sehingga memiliki jumlah tanaman pinggir lebih banyak dengan adanya barisan tanam yang kosong.

Selain itu, teknis penanam padi dilakukan dengan memanfaatka mesin tanam bibit padi (rice transplanter). Dengan alat ini, jumlah, kedalaman, jarak tanam, dan kondisi penanaman bibit padi dapat diseragamkan.

“Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi akan menjadi lebih baik, karena memperoleh intensitas sinar matahari yang lebih banyak,” jelas Agustawan.

Turutserta dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan, Afni Zahara, anggota DPRD Kota Binjai dari Fraksi Partai Gerindra, Joko Basuki, dan Ketua Kelompok Tani Setia Jaya, Tumadi. (vida)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SEKDA Pimpin LPTQ Kota Binjai Periode 2018 – 2023

Walikota Binjai Muhammad Idaham secara resmi resmi melantik pengurus Lembaga Pengembang an ...