Home / Kabar Sumut / Binjai / KPU Binjai Gelar Diskusi Virtual Soal Pilkada, Ini Tiga Faktor Pengaruhi Partisipasi Pemilih

KPU Binjai Gelar Diskusi Virtual Soal Pilkada, Ini Tiga Faktor Pengaruhi Partisipasi Pemilih

BINJAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai menggelar diskusi virtual berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 bertajuk “Pilkada di Tengah Pandemi, Harapan dan Tantangan”, Kamis (02/07/2020).

Turutserta sebagai pembicara di acara itu, Komisioner KPU RI, Dewa Raka Sandi, Dekan FISIP USU, Muryanto Amin, Ketua KPU Sumatera Utara, Herdensi Adnin, Direktur Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI, Hurriyah, dan Ketua Badan Oengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara, Syafrida R Rasahan.

Sebaliknya, Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, tampil sebagai pemantik diskusi, serta Komisioner KPU Kota Binjai yang juga Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Robby Effendi Hutagalung, selaku moderator.

Dalam penjelasannya, Ketua KPU Sumatera Utara, Herdensi Senin, menyatakan, setidaknya ada tiga faktor yang berpotensi mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Sumatera Utara.

Ketiga faktor tersebut antara lain menyangkut persoalan administrasi pemilih, partisipasi politik, dan dampak negatif pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Terkait permasalahan administrasi pemilih, menurut Herdensi hal tersebut menyangkut pemilih yang tidak terdaftar, pemilih tidak memenuhi syarat namun masuk dalam daftar, hingga pemilih berkebutuhan khusus yang tidak teridentifikasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Buka Turnamen Volley Marcapada CUP I

BINJAI – Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi secara resmi membuka Turnamen ...