Home / Kabar Sumut / Asahan / 216 PMI Warga Asahan Kembali ke Tanah Air

216 PMI Warga Asahan Kembali ke Tanah Air

ASAHAN – Setelah melalui proses yang cukup panjang, sebanyak 216 pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia akhirnya pulang ke kampung halaman mereka di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Kamis (02/07/2020) malam.

Setibanya di Pelabuhan Teluknibung, Kota Tanjungbalai, mereka langsung disambut Bupati Asahan, H Surya BSc, dan Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira, dan seluruh unsur forkopimda setempat.

Bupati Asahan, H Surya Bsc, mengatakan, seluruh warga Kabupaten Asahan yang dipulangkan dari Malaysia itu terdiri dari 208 PMI dan delapan lainnya dari KBRI Malaysia.

Menurutnya, pemulangan PMI asal Kabupaten Asahan terealisasi berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Asahan dengan KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, dan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia.

“Proses pemulangkan PMI pada hari ini semuanya gratis. Tidak ada dipungut biaya apapun. Karena semua biaya iti telah ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan,” ujar Surya.

Dia mengakui, sempat terjadi penundaan pemulangan PMI asal Kabupaten Asahan, yabg seharusnya dilakukan pada Rabu (01/07/2020) kemarin. Hal ini disebabkan karena adanya proses permasalahan administrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

30 ASN di Asahan Uji Penyesuaian Kenaikan Pangkat

ASAHAN – Sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten ...