Home / Kabar Sumut / Mentan Optimis Humbahas Jadi Sentra Pertanian di Sumut

Mentan Optimis Humbahas Jadi Sentra Pertanian di Sumut

HUMBAHAS – Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, mengaku optimis Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas) tampil menjadi salah satu sentra pertanian di Sumatera Utara, khususnya untuk komuditas bawang putih dan bawang merah.

Selain ketersediaan lahan pertanian yang cukup luas dan kondisi alam Kabupaten Humbahas juga sangat mendukung proses budidaya dua komoditas pertanian tersebut.

“Humbahas harus jadi lokomotif. Harus jalan. Tidak boleh ada lahan tersisa. Semua harus ditanami,” ujar Syahrul Yasin Limpo, didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), R Sabrina, dan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, yang ikutserta pada kegiatan panen akbar bawang putih di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas, Sabtu (20/06/2020).

Syahrul mengatakan, di masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19), pertanian marrupakan salah satu sektor yang tidak mengalami pelemahan. Hal tersebut disebabkan kebutuhan pangan masyarakat tidak akan pudar.

“Apalagi sekarang Covid-19 itu membuat ekonomi melemah. Yang tidak lemah itu pertanian. Kalau gitu perbaiki tanamanmu disini,” pesannya kepada para petani dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Syahrul Yasin Limpo, bersama Sekdaprovsu R Sabrina dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, secara simbolis memanen bawang putih dari lahan budidaya seluas 1 hektare. Dari panen tersebut, dihasilkan bawang putih basah sekitar 14 ton atau sebanyak 7 ton dalam bentuk kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua KNPI Binjai Bagi-bagi THR Untuk Pengurus dan Anggota

BINJAI – Ketua KNPI Binjai, M Zimmy Sembiring memberikan bingkisan Hari Raya ...