Home / Kabar Sumut / Orangtua Harus Contohkan Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan pada Anak

Orangtua Harus Contohkan Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan pada Anak

MEDAN – Demi menghindarlan penularan Covid-19 pada anak, diperlukan peran aktif para orangtua, terutama dengan mencontohkan kedisiplinan dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal ini dianggap penting, mengingat anak merupakan salah satu kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Tingkat penularan Covid-19 pada anak di Indonesia juga cukup tinggi. Di Sumatera Utara misalnya, kasus anak terpapar Covid-19 mencapai 3,6 persen dari total kasus yang ada.

“Orangtua harus mencontohkan pola hidup bersih dan sehat, agar anak mau melakukan hal yang sama,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah, di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (18/06/2020).

Menurut Aris, anak-anak tetap dapat beraktivitas di luar ruangan. Namun mereka juga harus tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya, menyuci tangan dengan sabun di air mengalir, menggunakan masker di tempat umum, dan menjaga kebugaran tubuh.

Meskipun Pusat Pengedalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat pada awal Maret 2020 lalu menyebut anak sebagai kelompok usia yang relatif tidak rentan terpapar Covid-19, namun belakangan lembaga tersebut merevisi pernyataannya.

Mereka menyebut, gejala anak terinfeksi Covid-19 mirip dengan kondisi multisystem inflamatory syndrome in children, yaitu kondisi ketika ada bagian tubuh anak yang meradang, seperti jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata, hingga organ pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua KNPI Binjai Bagi-bagi THR Untuk Pengurus dan Anggota

BINJAI – Ketua KNPI Binjai, M Zimmy Sembiring memberikan bingkisan Hari Raya ...