Home / Kabar Sumut / Dairi / Gubsu Apresiasi Ketertiban Warga Dairi, Ini Alasannya

Gubsu Apresiasi Ketertiban Warga Dairi, Ini Alasannya

DAIRI – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, datang berkunjung ke RSUD Sidikalang, guna meninjau dan memastikan kesiapan Pemerintah Kabupaten Dairi dalam mengantisipasi penyebaran dan menangani warga yang terpapar Covid-19, Selasa (21/04/2020).


Dalam kunjungannya, Gubernur mengapresiasi ketertiban dan kepatuhan warga Kabupaten Dairi, khususnya mereka yang bermukim di Kota Sidikalang, dalam menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah, terkait upaya mengurangi resiko penyebaran dan penularan Covid-19.


Pasalnya, imbauan agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan berupaya menghindari keramaian benar-benar dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Kabupaten Dairi.


Kondisi kota yang nyaris sepi jelas terlihat saat Gubernur Sumatera Utara dan rombongan menuju ke RSUD Sidikalang, sesaat setelah tiba dari landasan helikopter di Lapangan Kompi C Yonif 125/SMB, usai diberangkatkan dari Lanud Soewondo, Medan.


Sepanjang perjalanan, Gubernur mengaku tidak melihat kerumunan warga pada berbagai titik keramaian, terutama di kawasan pusat kota.

“Masyarakat Dairi tidak ada yang berkeliaran. Jalanan dan aktivitas sepi dan tertib di masa pandemi Covid-19. Ini satu hal yang baik di tengah wabah. Artinya, kesadaran masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sudah cukup baik,” ungkapnya.


Menyadari hal itu, Gubernur pun berharap pemerintah kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara dapat mencontoh situasi yang terjadi di Kabupaten Dairi. Sebab diakuinya, di beberapa tempat atau daerah lain di Sumatera Utata masih banyak warga belum mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan tetap memilih beraktivitas di luar rumah.


“Padahal itu sangat tidak baik di tengah pandemi Covid-19. Karena sudah seharusnya semua pihak mengambil peran untuk memutus mata rantai penyebaran,” ujarnya.


Setiba di RSUD Sidikalang, Gubernur Sumatera Utara dan rombongan langsung memeriksa kelengkapan seluruh sarana dan prasarana kesehatan di rumah sakit terkait, terkhusus kesiapan paramedis.


Pada kesempatan itu, Gubernur turut menyerahkan sejumlah bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan pada fasilitas rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Dairi, dan membuat simulasi penangani pasien yang terpapar Covid-19.


“Saya minta semuanya harus siap. Mulai dari tenaga medis, sampai fasilitas dan kelengkapan APD. Jangan ada yang menolak pasien, segera tangani sesuai SOP,” tegasnya.


Sementara itu, Bupati Dairi, Eddy Kelleng Ate Berutu, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, karena telah secara khusus memperhatikan daerahnya yang dikenal sebagai jalur lintas provinsi.


Atas dasar itu dia turut mengajak Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, untuk menyapa masyarakat Kabupaten Dairi melalui aplikasi vlog (video blog), yang sebagian besar memilih tetap berada di rumah.


“Ijin kita nge-vlog dulu, Pak Gubernur. Kita berbahagia mendapat kunjungan dari Pak Gubernur untuk menyapa kita dan meninjau langsung penanganan yang dilakukan dalam mengatasi Covid-19. Ini perhatian pemerintah baik pusat, provinsi, hingga ke desa, yang semuanya bekerja melakukan penanganan Covid-19 hingga semuanya bisa teratasi,” ujar Eddy Berutu.


Sebelumnya saat berada di Lanud Soewondo, Medan, Gubernur sempat meminta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara, seperti Alwi Mujahit, Restuti Saragih dan Raidil Akhir Lubis, untuk memastikan seluruh fasilitas penanganan pasien Covid-19 benar-benar disiapkan.


“Seperti ini (Lanud Soewondo), selama wabah jangan digunakan. Masih banyak juga TKI kita yang di Malaysia. Makanya tempat ini dan beberapa tempat lain harus disiapkan. Kita akan terus distribusikan alat pelindung diri (APD) ke tempat-tempat itu,” ucapnya, jelang keberangkatan.


Turut hadir dalam kunjungan tersebut, unsur forkopimda Kabupaten Dairi, di antaranya Dandim 0206/ Dairi Letkol (Arh) Hadi Purwanto, Kapolres Dairi AKBP Leonardo David Simatupang, Kajari Dairi Sahrul J Subuki dan Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani. (zf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pekan Depan, Urus Akta Kelahiran Dapat Dilakukan di Kantor Camat

ASAHAN – Sebagai upaya memperluas cakupan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan ...