Home / Kabar Sumut / Asahan / Stop Penyebaran Covid 19, Asahan Perkuat Penanganan Hingga ke Desa

Stop Penyebaran Covid 19, Asahan Perkuat Penanganan Hingga ke Desa

ASAHAN – Demi mencegah dan menghambat penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Asahan memperkuat sistem penanganan hingga ke tingkat kecamatan dan desa.


“Pada dasarnya langkah ini sesuai dengan instruksi Bapak Bupati Asahan, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar, Rabu (15/04/2020).


Menurut Rahmat, penguatan sistem penanganan Covid-19 dilakukan lewat pengembangan sistem organisasi yang  bersifat responsif dan reaktif dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan.


Atas dasar itu, masing-masing pemerintah kecamatan dan desa diminta segera membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, dengan melibatkan polsek dan koramil, terkhusus para bhabinkamtimas dan babinsa di setiap desa.


Sebab kita menilai, bhabinkamtibmas dan babinsa merupakan garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di suatu daerah, khususnya di Kabupaten Asahan,” ujar Rahmat.


Lebih jauh dia menyebut, pembentukan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di setiap kecamatan dan desa dilakukan sebagai upaya mengoptimalkan peran dan fungsi gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di tingkat kabupaten.


Nantinya, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan dan desa akan melakukan langkah-langkah strategis, semisal pembagian masker dan sembako, penyuluhan bagi warga, disinfeksi, serta razia ke tempat keramaian.


“Jikapun ada warga di suatu kecamatan atau desa yang mengalami sakit dengan gejala-gejala klinis mengarah kepada Covid-19, maka langkah penanganan dipastikan akan lebih cepat dan maksimal,” pungkas Rahmat. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Buka Turnamen Volley Marcapada CUP I

BINJAI – Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi secara resmi membuka Turnamen ...