Home / Kabar Sumut / Asahan / Optimalkan Pencegahan Covid-19, Bupati Asahan Tekankan Tiga Hal Ini

Optimalkan Pencegahan Covid-19, Bupati Asahan Tekankan Tiga Hal Ini

ASAHAN – Bupati Asahan, yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H Surya, menekankan tiga hal pokok yang harus dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, untuk mengoptimalkan pencegahan penyebaran Covid-19.


Ketiga hal pokok itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar, dalam keterangannya kepada wartawan di Kota Kisaran, Rabu (15/04/2020).

Pertama, kata Rahmat. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan diminta aktif melakukan sosialisasi dan himbauan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, baik melalui media informasi maupun lewat tatap muka langsung dengan masyarakat.


“Paling tidak, setiap seminggu sekali setiap Rabu, tim berkendara keliling menyampaikan himbauan dan arahan kepada masyarakat terkait antisipasi penyebaran Covid-19 hingga ke tingkat kelurahan dan desa,” ungkapnya.


Kedua, lanjut Rahmat. Setiap Kamis, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan harus melaksanakan penyemprotan cairan desinfektan terhadap fasilitas publik dan tempat-tempat umum di seluruh kelurahan dan desa.


Sedangkan yang ketiga, Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan harus melaksanakan rapid test terhadap orang- orang yang memiliki riwayat kontak fisik langsung dengan pasien dalam pengawasan (PDP) ataupun orang yang positif terjangkit Covid-19, termasuk melakukan sterilisasi dan pemeriksaan kesehatan para TKI yang baru kembali dari luar negeri.


“Ketiga hal pokok ini pada dasarnya tetap dilakukan dengan mengutamakan koordinasi dan kerjasama lintas sektoral bersama seluruh unsur forkopimda di Kabupaten Asahan,” seru Rahmat.


Secara khusus Rahmat pun turut menyampaikan himbauan Bupati Asahan, H Surya, agar seluruh komponen masyarakat dapat berperanserta aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.


“Sangat disadari, masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Artinya, masyarakat harus faham pentingnya menjalankan pola hidup bersih dan sehat, serta menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” terangnya. (nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lisa Sosok Pemimpin Yang Familiar dan Murah Senyum

BINJAI – Tak kenal maka tak cinta, itulah pribahasa yang diucapkan Hj. ...