Home / Kabar Sumut / Tinjau RSUD dr Djasamen Saragih, Gubernur Minta Dandim dan Kapolres Bantu Para Medis

Tinjau RSUD dr Djasamen Saragih, Gubernur Minta Dandim dan Kapolres Bantu Para Medis

PEMATANGSIANTAR – Untuk memastikan penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus melakukan peninjaun di sejumlah rumah sakit umum daerah. Kali ini, giliran RSUD dr Djasamen Saragih, Jalan Sutomo No 230 Kota Pematangsiantar yang dikunjungi Gubernur.

Didampingi Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor dan Bupati Simalungun JR Saragih, Gubernur Edy Rahmayadi langsung meninjau fasilitas dan kesiapan paramedis di RSUD Djasamen Saragih, Selasa (7/4) dalam penanganan pasien Covid-19.  Termasuk memastikan ketersedian Alat Pelindung Diri (APD) dan manajemen penanganan pasien dapat terlaksana dengan baik.

“Saya juga meminta kepada seluruh Dandim dan Kapolres untuk turun tangan membantu paramedis dan rakyat. Sama-sama kita bergandengan tangan. Kita selesaikan persoalan ini, persoalan wabah yang mendunia. Kita berusaha, Tuhan yang menentukan,” ucap Edy Rahmayadi.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, Ketua Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Restuti Hidayani Saragih dan jajaran Polri/TNI.

Para kesempatan itu, Gubernur menanyakan kesiapan RS Djasamen Saragih tersebut. Menurutnya rumah sakit harus menyiapkan ruangan khusus sesuai dengan riwayat pasien.

“Kalau ada pasien PDP, siapkan bangsalnya, tapi harus lihat riwayatnya. Pasien yang berisiko positif dan yang negatif, pisahkan kamarnya. Kalau riwayat positif masuk ke sini, yang negatif harus disiapkan juga,” kata Gubernur.

Terkait adanya satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan tiga orang anak dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, kini kelima nya telah diisolasi di RSUD dr Djasamen Saragih. “Kalau tidak mampu mengisolasi keluarga ini, bisa dirujuk ke Medan,” kata Gubernur.

Pada kunjungan tersebut Pemprov Sumut juga memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 100 dan Rapid Test Covid-19 sebanyak 100 pieces. Selain itu gubernur juga mengimbau untuk paramedis untuk menggunakan masker tipe N95.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Siantar Ronald H Saragih menyampaikan, pihaknya terus berupaya menangani pasien Covid-19 dengan baik. Termasuk satu keluarga berjumlah lima orang terdiri dari ayah, ibu dan tiga orang anak yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Kelimanya kini telah diisolasi di RSUD dr Djasamen Saragih.

Ronald mengapresiasi kedatangan Gubernur dan rombongan. Dia berharap dukungan dari Pemprov Sumut, terutama bantuan APD dan fasilitas pendukung lainnya, sehingga penanganan pasien Covid-19 dapat dilaksanakan dengan baik. (Fauzi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lisa Sosok Pemimpin Yang Familiar dan Murah Senyum

BINJAI – Tak kenal maka tak cinta, itulah pribahasa yang diucapkan Hj. ...