Home / Kabar Sumut / Binjai / Sejumlah Bangunan di Binjai Rusak Diterjang Angin

Sejumlah Bangunan di Binjai Rusak Diterjang Angin

BINJAI – Sejumlah bangunan di Kota Binjai, Sumatera Utara, mengalami kerusakan, saat hujan deras disertai angin kencang dan petir melanda wilayah itu, Senin (06/04/2020) sore.

Kuatnya tekanan angin juga merobohkan beberapa pohon pelindung jalan, hingga menyebabkan beberapa rumah warga dan fasilitas umum rusak akibat tertimpa batang dan dahan pohon.

Tidak ada laporan terkait korban jiwa maupun luka dalam bencana tersebut. Namun kerugian material ditaksir lebih dari Rp 100 juta.

“Kemarin saat hujan deras, anginnya memang kencang. Makanya kita nggak heran, banyak rumah yang rusak, baik karena tertimpa pohon atau terbongkar bagian atapnya,” ujar Erwinsyah Nasution (35), warga kelurahan Kebunlada, Selasa (07/04/2020) pagi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai mencatat sedikitnya enam rumah dan satu gedung pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kecamayan Binjai Barat dan Kecamatan Binjai Utara rusak diterjang angin.

Rinciannya, dua rumah rusak terdapat di Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, dua lagi di Kelurahan Cengkehturi, Kecamatan Bunjai Utara, dan dua lainnya di Kelurahan Kebunlada, Kecamatan Binjai Utara.

Sedangkan gedung puskemas yang rusak terdapat di Jalan Jawa, Kelurahan Kebunlada, Kecamatan Binjai Utara.

Staf Pusat Pengendali Operasi (Pusdalpos) BPBD Kota Binjai, Muhammad Surya Wijaya, Selasa (07/04/2020) pagi, mengatakan, seluruh bangunan itu mengalami kerusakan pada bagian atap.

“Akibat musibah ini, tercatat enam keluarga menjadi korban. Beruntung tidak ada satu pun dari mereka mengalami luka,” ungkapnya.

Adapun identitas keenam kepala keluarga korban angin kencang antara lain, Dedi Hartono (38), warga Jalan Letda Umar Baki, Lingkungan V, Kelurahan Payaroba, Muhammad Arifin (40), warga Jalan Gambas, Lingkungan VI, Kelurahan Payaroba, Manahan Siregar (50), warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Lingkungan III, Kelurahan Kebunlada, Budiman Sitorus (51), warga Jalan Madura, Lingkungan V, Kelurahan Kebunlada, serta Suriyono (56), dan Suhendra (33), keduanya warga Jalan Kolonel (Laut) Yos Sudarso, Lingkungan IX, Kelurahan Cengkehturi.

“Hingga saat ini BPBD Kota Binjai bersama masyarakat masih melakukan proses pembersihan puing dan batang pohon tumbang, sembari menyiapkan sejumlah bantuan,” ujar Surya.

Dua Rumah di Langkat Ikut Rusak

Sementara itu, dua rumah di Desa Sendangrejo, Kecamatan Binjai, kabupaten Langkat, Sumatera Utara, juga ikut rusak diterpa angin kencang pada Senin (06/04/2020) sore.

Kedua rumah yang rusak itu masing-masing berada di Dusun IV, Desa Sendangrejo, atas nama pemilik, Mujiani (45), dan satu lainnya terdapat di Dusun VI, Desa Sendangrejo, atas nama pemilik, Paeng (61).

Kondisi kerusakan kedua rumah terkaut relatif sama karena sebagian besar atap bangunan terbongkar. Beruntunh tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut. (dika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bakamla RI Kembangkan Desa Maritim Silaubaru di Asahan

ASAHAN – Direktur Kerjasama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Laksma ...