Home / Kabar Sumut / Asahan / Jaga Jalur Perairan, Tim Gugus Tugas Covid 19 Patroli Laut Asahan

Jaga Jalur Perairan, Tim Gugus Tugas Covid 19 Patroli Laut Asahan

ASAHAN – Para Tim Gugus Tugas Gabungan Penanganan dan Pencegahan Covid 19 Kabupaten Asahan  melakukan penyelusuran  dan patroli perairan jalur laut Asahan dipesisir pantai  Desa Pematang Sei Baru.


Patroli laut tersebut langsung dipimpin Ketua Tim Gugus Tugas Bupati Asahan H. Surya bersama para Forkopimda Asahan antara lain  Ketua DPRD,  Dandim 0208/AS, Wakapolres Asahan, Danlanal TB/AS , para Asisten, dan para OPD.


Kegiatan patroli laut upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran covid 19 di Asahan.

Dengan dilakukannya patroli khususnya jalur tikus di daerah Pematang Sei Baru.Agar dapat memutus mata rantai virus dan mencegah masuknya pendatang dari luar Kabupaten Asahan.


“Kita akan memperketat  area masuknya para pendatang dari luar daerah maupun dari luar negeri melalui jalur tikus di sepanjang pantai laut Pematang Sei Baru. Langkah ini sebagai  upaya pengawasan terhadap jalur-jalur pintu masuk ke wilayah Kabupaten Asahan.


Dan ini adalah merupakan salah satu langkah bagian dari tugas Tim Gugus Tugas Covid 19 untuk melakukan pencegahan dan  penularan Corona Virus Desease (Covid 19)”ujar H Surya .


Tim gabungan gugus tugas Covid-19, akan terus melakukan patroli disepanjang pesisir laut  pantai Pematang Sei Baru. Tim akan memastikan ada tidaknya  pendatang yang tiba melalui jalur tikus di wilayah laut Asahan. Jika ada pendatang masuk akan kita periksa sesuai dengan SOP pencegahan penularan Covid 19.


Sebab kita akan melakukan pencegahan dan antisipasi pencegahan virus Corona secara maksimal mungkin di Kabupaten Asahan.


Oleh karena itu, saya selaku Ketua Gugus Tugas Covid 19, meminta akan kesiapan puskesmas kecamatan yang ada di sepanjang pesisir pantai Asahan. Agar dapat melakukan penanganan bagi pendatang yang baru tiba. 


Dan segera lakukan pemeriksaan secara intensif kepada para pendatang agar kita dapat mengantisipasi penyebaran virus Covid 19,sebut H. Surya.
Sementara Itu Danlanal TB/AS Letkol Laut P. Dafris,yang ikut serta patroli menyampaikan bahwa pasukan patroli laut dari Lanal TB/AS siap untuk melakukan patroli secara rutin di sepanjang pantai pesisir laut Pematang Sei Baru.


Patroli akan kami lakukan, terutama di titik atau daerah laut yang menjadi pintu masuk atau biasa disebut jalur tikus yang dijadikan sebagai tempat mendaratnya kapal pengangkut TKI/maupun warga dari Luar Asahan.


Disamping itu pasukan Lanal TB/ As akan  melakukan patroli dengan sistem mirip seperti gosokan. Artinya patroli secara bergantian atau menyilang agar kita dapat mendeteksi para pendatang yang masuk melalui jalur laut.


“Semoga dengan adanya patroli nanti Kita berharap  antisipasi penyebaran Virus Corona Desease (Covid 19) di Kabupaten Asahan dapat kita cegah,ujar Letkol Dafris.


Dalam patroli laut tersebut ikut juga Kades Pematang Sei Baru Hermansyah. Dirinya mengatakan bahwa jalur to atau masuknya warga luar  melalu pesisir pantai Pematang Sei Baru ada 6 titik jalur.


Maka untuk itu, sangat perlu pengawasan dari Tim Gugus Tugas  Covid 19. Agar pendatang dapat terdata dan diperiksa kesehatannya sehingga penyebaran Covid 19 di daerah Ini, dapat dicegah harap Hermansyah (Nz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubsu Dan Wagubsu Pantas Terima Award Sahabat Pers

MEDAN – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut optimis keterbukaan informasi dan ...