Imbas Lockdown Malaysia, TKI Asahan Segera Dipulangkan

admin dirma
admin dirma
3 Min Read

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan dalam waktu dekat segera memulangkan ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal daerah tersebut, yang saat ini masih tertahan di Malaysia, menyusul imbas pemberlakuan lockdown di negara itu.

“Proses pemulangan TKI akan kita lakukan secepatnya, mengingat kondisi para TKI saat ini cukup memprihatinkan,” kata Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar, Sabtu (02/05/2020).

Menurut Rahmat, saat ini Pemerintah Kabupaten Asahan telah melakukan beberapa tahapan dalam membantu mempercepat prosesnpemulangan seluruh TKI asal Kabupaten Asahan dari Malaysia menuju tanah air.

Apalagi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah pula menerima laporan tentang keadaan lebih dari 300 TKI asal daerah tersebut melalui petugas yang telah ditunjuk Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan.

“Saat ini proses pemulangan para TKI kita dari Malaysua sudah dalam tahap pengurusan administrasi. Ya, mudah-mudahan saja tidak ada kendala atau hambatan lain,” ujar Rahmat.

Secara khusus dia mengakui, untuk menjamin kelancaran proses pemulangan para TKI asal Kabupaten Asahan dari Malaysia menuju tanah air, tentunya ada beberapa tahapan yang harus dapat dilalui.

Sebagai tahap awal, kata Rahmat, Bupati Asahan, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H Surya BSc, harus terlebih dahulu menyampaikan laporan kepada Gubernur Sumatera Utara, tentang proses pemulangan dan kondisi para TKI saat ini di Malaysia.

Apabila proses administrasi telah selesai dikerjakan, maka data terkait umlah dan keadaan TKI akan diserahkan langsung ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk diteruskan dan diproses melalui lintas kementerian.

“Dalam persoalan ini, proses pemulangan TKI harus melibatkan beberapa kementerian, seperti Kementerian Perhubungan dan Bea Cukai,” ungkap Rahmat.

Sebagai tambahan, Pemerintah Kabupaten Asahan juga sedang mempersiapkan kapal feri sebagai armada pengangkut para TKI.

“Artinya, proses penjemputan para TKI akan segera dilakukan, jika semua berkas administrasi mereka telah sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga yang ada,” tukas Rahmat.

Dia pun turut berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan, agar bersama-sama mendoakan proses pemulangan para TKI berjalan lancar dan wabah Covid-19 segera berakhir. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas normal seperti semula. (nz)

Share this Article
Leave a comment