Diduga Ilegal, Warga Minta Kapolda Tangkap Pemilik Galian C di Wampu

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

LANGKAT – Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak diminta untuk segera menangkap pemilik usaha Galian C di Lingk I, Kel. Bingai, Kec. Wampu, Kab. Langkat. Pasalnya, praktik eksplorasi alam berupa pengerukan material tanah yang beroperasi disana diduga belum memiliki izin atau ilegal.

Selama ini warga setempat sudah berulang kali memprotes keberadaan Galian C disana. Pasalnya, sejak ada Galian C jalan-jalan di kampung mereka menjadi rusak akibat sering dilewati truck-truck membawa tanah Galian C. Belum lagi dampak kerusakan alam yang ditimbulkan dari eksplorasi pengerukan material tanah Galian C tersebut. 

“Kami sangat berharap kepada Bapak Kapolda Sumut untuk segera menangkap pelaku serta pemilik usaha Galian C di kampung kami ini, karena sudah sangat meresahkan sekali,” kata warga yang enggan disebutkan namanya, Kamis (12/1/2023) siang.

Berdasarkan hasil pantauan di lokasi tampak alat berat Excavator sedang bekerja mengeruk tanah dan memasukkannya ke dalam mobil dump truk jenis Fuso dan Colt Diesel untuk diangkut. Namun, saat awak media sedang mengambil foto serta video lokasi tambang, justru mendapat penolakan dari orang yang diduga bekerja disana.

“Hoi, ijin sama siapa kalian masuk dan ambil foto,” ujar pekerja yang disebut-sebut merupakan tukang tulis pengeluaran tanah timbun.

Sementara itu, menurut salah seorang supir colt diesel yang berhasil ditemui menjelaskan mereka harus memberikan uang sebesar Rp10 ribu per tripnya dengan dalih sebagai uang iuran perbaikan jalan.

“Untuk colt diesel bayar Rp10 ribu, katanya untuk uang iuran perbaikan jalan. Kalau truk Fuso ya bisa Rp20 ribu per satu tripnya,” ujar supir itu langsung pergi menjalankan truknya. (bay)

Share this Article
Leave a comment
%d blogger menyukai ini: