38 Relawan Medis Asal Sumut Dikirim ke Wisma Atlet Jakarta

admin dirma
admin dirma
2 Min Read


MEDAN – Sebanyak 38 orang relawan medis asal Sumatera Utara resmi diberangkatkan ke Jakarta, Selasa (05/05/2020). Mereka semua akan ditugaskan sebagai tenaga kesehatan pada Rumah Sakit Darurat Covid-19, di Wisma Atlet, Kemayoran.


“Ini sangat membanggakan. Mereka merupakan duta kesehatan dari Sumut dalam menangani Covid-19. Marilah kita doakan agar mereka melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, serta kembali dalam keadaan selamat dan sehat,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utata, Whiko Irwan, Selasa (05/05/2020) sore.


Whiko juga menyampaikan, sampai hari ini Kota Medan masih menjadi daerah dengan angka penyebaran Covid-19 tertinggi di Sumatera Utara. Atas dasar itu, dia menghimbau agar masyarakat terus menggalakkan langkah dan upaya pencegahan.


“Sampai saat ini, sebaran tertinggi pasien Covid-19 masih berasal dari Kota Medan. Namun bukan berarti kabupaten/kota lain tidak berpotensi terjadi penyebaran Covid-19. Untuk itu agar seluruh kabupaten/kota tetap melakukan upaya pencegahan dan tetap melindungi warganya,” serunya.


Adapun data terbaru paparan Covid-19 di Sumatera Utara, menurut Whiko terdapat 154 pasien dalam pengawasan (PDP) sedang dirawat, dengan PCR positif Covid-19 sebanyak 130 orang.


Diakuinya, pasien positif Covid-19 terbanyak masih berasal dari Kota Medan, yakni 98 orang. Kemudian disusul Kabupaten Deliserdang dengan 12 orang, dan Kota Pematangsiantar sebanyak 6 orang.


“Hari ini, pasien meninggal bertambah satu orang, sehingga totalnya menjadi 14 orang. Sementara pasien sembuh bertambah dua orang, sehingga totalnya ada 43 orang,” jelas Whiko.


 Atas dasar itu pula, dia tetap menghimbau masyarakat berperanserta aktif melakukan pencegahan peny baran Covid-19, terutama dengan tetap menerapkan pola hidup bersih dna sehat, serta menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.


“Untuk petugas kesehatan yang sedang berjuang merawat pasien Covid-19, saya berharap mereka tetap bersemangat menjalankan tugas,” pungkasnya. (zf)

Share this Article
Leave a comment