Kaputama Jadi Nomor Satu di Sumut

Dirmanews.com-BINJAI : STMIK Kaputama Binjai menerima penghargaan sebagai juara umum pada pelaksanaan monitoring dan evaluasi mutu tridharma perguruan tinggi tahun 2019 dalam penilaian mutu dan standar mutu perguruan tinggi tingkat sekolah tinggi yang diberikan oleh LLDIKTI Wil – I Sumut di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, beberapa waktu lalu.

Sebagai bentuk rasa syukur, seluruh Civitas Akademik dan mahasiswa merayakannya dengan menggelar syukuran pemotongan nasi tumpeng di Aula STMIK Kaputama Binjai di Jalan Veteran, Kel. Tangsi, Kec. Binjai Kota, Kamis, (19/12) siang.

Prosesi pemotongan nasi tumpeng dilakukan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Informasi Mutiara
Drs. Irwanto Tampubolon M.Pd. Dalam kesempatan itu, Drs. Irwanto berkesempatan memberikan potongan nasi tumpeng kepada Ketua STMIK Kaputama Budi Serasi Ginting S.Kom, M.Kom.

Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Informasi Mutiara Drs. Irwanto Tampubolon M.Pd mengatakan penghargaan yang sudah diraih hendaknya dapat terus dipertahankan di tahun tahun berikutnya. Beliau meminta seluruh pihak untuk meningkatkan pemahaman sistem penjaminan mutu internal.

“Kita semua harus mengerti visi misi Kaputama, baru setelah itu menjalankan SOP dengan baik dan memahami Job Description masing masing. Dan yang terakhir haruslah disiplin. Untuk itu marilah kita tunjukkan bahwa Kaputama layak menerima penghargaan sebagai sekolah tinggi yang terbaik di Sumut,” ujarnya.

Tantangan kedepan, kata Drs. Irwanto, panilaian tahun 2020 akan semakin berat karena menggunakan 9 kriteria. Jadi bukan saja kinerja dosen yang dinilai tapi juga kegiatan kemahasiswaan.

“Untuk itu kepada anak anak kami semua, beritahukanlah kepada masyarakat bahwa Kaputama Binjai merupakan perguruan tinggi nomor satu di Sumut,” kata Irwanto yang langsung disambut tepuk tangan para hadirin.

Dalam sambutannya, Ketua STMIK Kaputama Budi Serasi Ginting S.Kom, M.Kom sebelumnya tidak menyangka Kaputama bisa merebut juara umum tahun ini. Hasil ini dicapai setelah bersaing dengan 89 perguruan tinggi yang sudah lama berkiprah di Sumut.

“Dari 7 penilaian kriteria yang dinilai terkait mutu perguruan tinggi, kita berhasil memenuhi 6 kriteria diantaranya,” kata Budi.

Budi mengatakan ini adalah keberhasilan semua pihak yang ada di Kaputama. Mau besar ataupun kecil peranannya tetap memiliki andil untuk kemajuan Kaputama.

“Mari kita tingkatkan kinerja kita, baik mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen dengan harapan piala ini dapat terus dipertahankan untuk tahun tahun berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya Kasubbag Akademik Kemahasiswaan, LLDIKTI Wilayah Medan, Drs. Sulhan Lubis mengatakan dalam dua tahun belakangan ini STMIK Kaputama Binjai telah banyak menorehkan banyak capaian prestasi. Salah satunya STMIK Kaputama Binjai kini telah berstatus akreditasi perguruan tinggi B.

Dari hasil penelitian LLDIKTI Wilayah Sumut, kata Sulhan, Kaputama sendiri kini berada di rangking 4 dari 16 STMIK yang ada. Lalu berada di posisi rangking 23 dari 100 Tingkat Sekolah Tinggi dan rangking 55 dari 247 Perguruan Tinggi Swasta se-Sumut.

“Secara yuridis formal secara hukum Kaputama kini sama kedudukannya dengan universitas ternama di tanah air seperti ITB, Jadi tidak usah disangsikan lagi karena semua prodinya sudah B,” ucapnya disambut tepuk tangan para hadirin. (dian)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: