Seharga Rp 43 Miliar, Gedung DPRD Binjai Paling Termewah Kelima di Sumut

admin dirma
admin dirma
5 Min Read

BINJAI – Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya gedung baru Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai, di Jalan Veteran Binjai, Jumat (7/12/2022). Gedung wakil rakyat seharga Rp 43 miliar ini disebut-sebut merupakan Kantor DPRD kelima paling termewah di Sumatera Utara.

Kehadiran gedung baru DPRD Binjai ini disambut suka cita. Terutama, para anggota dewan yang sudah 5 tahun menantikan selesainya proyek pembangunan gedung baru DPRD Binjai.

Dimana, selama ini para anggota dewan terpaksa harus menyewa Gedung Ovany sebagai Kantor DPRD Binjai bersifat sementara. Menunggu selesainya gedung baru yang masih dibangun.

Pantauan di lokasi, seluruh bangunan gedung tampak memiliki desain interior modern dengan kualitas Super Lux yang jelas memberikan kenyamanan. Untuk fisik bangunan seperti konstruksi dan arsitektur juga tampak sudah 100 persen siap dikerjakan. Begitu pula dengan fasilitas gedungnya yang dilengkapi CCTV, jaringan perpipaan dan lain sebagainya.

Sekedar diketahui, proyek multiyears yang menghabiskan anggaran senilai Rp 43 miliar tersebut dikerjakan dalam dua tahap. Dimana pengerjaannya sempat terhenti akibat adanya refocusing pandemi Covid19.

Tahap pertama proyek pembangunan tersebut dianggarkan senilai Rp 19 miliar. Lalu tahap kedua dianggarkan kembali senilai Rp 24 miliar.

Proyek ini sendiri disebut multiyears karena pekerjaannya dilakukan secara jamak. Dan untuk tahap kedua dilaksanakan oleh PT Manel Star.

Turut hadir di acara peresmian gedung baru DPRD Binjai, Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra, S.T., beserta Wakil Ketua, dan anggota DPRD Kota Binjai, Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, S.TP, MP.

Kemudian ada, Kapolres Kota Binjai Ferio Sano Ginting, S.I.K. MH., Dandim 0203/Lkt Letkol Inf. Wisnu Joko Saputro, Kepala Kejaksaan Negeri Binjai Muhamad Husein Admadja, SH, MH., Ketua Pengadilan Negeri Binjai T. Syarafi, SH, MH., Sekretaris MUI Kota Binjai, serta seluruh unsur Forkopimda dan Pimpinan OPD Se-Kota Binjai.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Syah Alam Putra dalam sambutannya menyatakan rasa syukur atas peresmian gedung baru DPRD tersebut.

“Saya berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan gedung DPRD ini,” ucapnya.

Ia menyampaikan perihal pembangunan gedung yang sempat tersendat. Namun akhirnya telah rampung pada awal tahun ini, dan digaungkan sebagai gedung termegah di Kota Binjai.

“Dengan resminya gedung baru ini, mari kita bangun Kota Binjai dengan semangat baru, dan jadikan kota ini maju di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Wali Kota Binjai dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat atas peresmian gedung baru ini.

“Setelah beberapa tahun direhabilitasi, akhirnya dapat kembali menempati gedung DPRD di lokasi yang lama, dengan design yang lebih representatif, indah dan megah,” ucapnya.

Ia pun berharap dengan diresmikannya gedung kantor baru DPRD Kota Binjai, kinerja anggota DPRD Kota Binjai dapat semakin meningkat.

“Kenyamanan bekerja pun akan tercipta, sehingga teman-teman pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Binjai dapat bekerja lebih giat lagi, lebih nyaman serta fokus dalam menjalankan amanah yang diemban oleh seluruh anggota DPRD Kota Binjai dalam rangka membangun Kota Binjai menjadi lebih baik,” katanya lagi.

Gedung kantor DPRD Kota Binjai yang rampung dalam situasi pandemi Covid-19 ini dimaknai sebagai hadiah untuk rakyat dan masyarakat Kota Binjai.

“Gedung baru ini harus dapat menjadi tempat mencetus ide dan gagasan produk regulasi kebijakan daerah, oleh karenanya harus menjadi simbol kekuatan bagi rakyat,” ujar Wali Kota.

“Semoga ke depannya, dengan hadirnya gedung baru DPRD ini sinergitas antar eksekutif dan legislatif dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Binjai dapat berjalan semakin optimal dan lebih baik lagi,” ucapnya.

Usai pemotongan pita, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Binjai dan Ketua DPRD Kota Binjai, serta didampingi oleh Wakil Ketua DPRD, sekretaris DPRD, serta Wakil Wali Kota Binjai, serta Sekretaris Daerah Kota Binjai.

Usai penandatangan prasasti, Wali Kota Binjai dan Ketua DPRD Kota Binjai serta seluruh pejabat terkait berkeliling gedung baru serta melihat sarana dan prasarana yang tersedia.(bay)

Share this Article
Leave a comment