Ratusan Rumah di Tanjungpura Langkat Terendam Banjir

admin dirma
admin dirma
1 Min Read

LANGKAT – Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan ratusan rumah warga di Kecamatan Tanjungpura, Kabupatan Langkat, Sumatera Utara, terendam banjir, Jumat (01/05/2020).

Camat Tanjungpura Taufik Rieza, melalui Sekretaris Kecamatan, T Syafrie Elza Hadi Prawira, memperkirakan sebanyak 600 rumah pada lima desa di Kecamatan Tanjungpura terendam banjir akibat dampak luapan air sungai.

“Berdasarkan laporan sementara dari kades yang meninjau langsung sejak Kamis (30/04/2020) tadi malam, diperkirakan ada 600 rumah terendam air dengan ketinggian antara 1 meter hingga 1,5 meter,” ungkapnya.

Menurut Syahrie, seluruh wilayah terdampak banjir meliputi Dusun Sentang Desa Pantaicermin, Dusun I Melati Desa Payaperupuk, Dusun XII Desa Pematangcengal, Dusun I Desa Cengal Barat, Dusun IV, V, VII, dan VIII Desa Sukamaju, serta Dusun I, III, dan VIII Desa Karyamaju.

Dalam hal ini, katanya, musibah banjir dipicu peningkatan debit air Sungai Wampu dan Sungai Batangserangan, yang mengapit wilayah itu. Sehingga limpahan air melewati bibir tanggul dan akhirnya merendam jalan dusun hingga ketinggian setengah meter.

“Jika memang curah hujan masih tetap tinggi hingga beberapa hari ke depan, maka ada kemungkinan daerah terdampak banjir akan semakin meluas. Makanya kita terus monitor situasi di lapangan,” terang Syafrie. (dian)

Share this Article
Leave a comment