Ponpes Tahfiz Baitul Quran Binjai Canangkan Gerakan 1000 Penghapal Alquran

admin dirma
admin dirma
3 Min Read

BINJAI – Ponpes Tahfiz Baitul Quran beralamat di Jalan Cendana, Gang Ikhlas, Kel. Jati Makmur, Kec. Binjai Utara mencanangkan program mencetak 1000 penghapal Alquran di Kota Binjai pada setiap tahunnya. Dengan begitu maka diharapkan Kota Binjai kedepan akan menjadi daerah penghapal Alquran.

Hal itu disampaikan Pembina Yayasan Amal Alumni HRM Kota Binjai, Ir Naimin saat hadir di acara buka puasa bersama sekaligus penutupan kegiatan pesantren kilat di Ponpes Tahfiz Baitul Quran, Minggu (17/4/2022) malam.

“Semakin banyak ponpes tahfiz yang hadir di daerah kita ini, maka akan semakin banyak anak-anak kita yang akan belajar menghafal Alquran. Maka Insyaallah agama kita akan terjaga,” ujarnya. 

Naimin berharap dengan adanya Baitul Quran ini diharapkan nilai-nilai Alquran dapat masuk ke seluruh sendi-sendi kehidupan. Sebenarnya program gerakan 1000 penghapal Alquran ini sudah dimulai sejak tahun 2000-an.

“Ketika itu kita sudah launching gerakan 1000 penghapal Alquran. Kita berharap di Binjai ini nantinya setiap tahun dapat menghadirkan 1000 penghapal Alquran. Jadi kita membayangkan nantinya ketika sedang duduk-duduk di Cafe, anak-anak kita ini bisa sambil menghafal Alquran ketika duduk disitu,” ucapnya. 

Dijelaskan Naimin keberadaan Ponpes Tahfiz Baitul Quran Binjai merupakan cita-citanya sejak lama. Bersama beberapa rekan-rekannya yang lain mereka mendirikan Yayasan Amal Alumni HRM Kota Binjai.

“Kenapa namanya Alumni HRM karena merupakan singkatan dari Himpunan Remaja Masjid. Dan kami yang tergabung disini dulunya adalah aktivis remaja masjid,” ucapnya. 

Setelah melaksanakan pesantren kilat, Ponpes Tahfiz Baitul Quran turut menyelenggarakan perlombaan Gema Ramadan. Antara lain adalah lomba azan diikuti murid SD/MI, Ceramah diikuti murid SMP dan Tahfiz Jus 30 diikuti murid SD dan SMP. Total ada 150 peserta pelajar yang ikut dalam perlombaan ini.

“Tujuan perlombaan ini dilaksanakan untuk menciptakan generasi penerus yang cinta dengan Alquran. Dan semoga nilai-nilai Alquran dapat tertanam kepada anak-anak kita kedepan nantinya,” kata Ketua Panpel Lomba Gema Ramadan, Bayu.

Sementara itu, Anggota DPRD Binjai, Fitriani yang hadir di lokasi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Ponpes Tahfiz Baitul Quran. Fitriani berharap dengan adanya Baitul Quran disini dapat menciptakan generasi penerus yang Rabbani.

“Insyaallah mereka ini nantinya kita harapkan akan menjadi pemimpin yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia,” sebutnya. 

Politisi dari Partai PKS ini juga berjanji akan berusaha memperjuangkan penambahan alokasi anggaran untuk kemajuan rumah tahfiz dan ponpes tahfiz di Kota Binjai.

“Karena memang suport pemerintah itu dibutuhkan untuk memberikan kontribusi yang nyata kepada lembaga-lembaga Baitul Quran seperti ini,” tukasnya. (bay)

Share this Article
Leave a comment