Persentase Vaksinasi di Langkat Relatif Rendah, Ternyata Ini Kendalanya

admin dirma
admin dirma
3 Min Read

LANGKAT – Kabupaten Langkat menjadi salah satu kabupaten di Sumatera Utara, dengan tingkat vaksinasi pencegahan Covid-19 yang relatif rendah. Hal ini diutarakan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di daerah itu, Kamis (04/11/2021).

“Berdasarkan data yang kita terima terkait jumlah peserta vaksinasi, memang ada beberapa daerah yang persentasenya tergolong rendah. Salah satunya Kabupaten Langkat. Makanya kita turun langsung ke sini, untuk mengeyahui apa kendala sebenarnya,” ungkapnya, didampingi Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Purwanto Hadi Wardhono dan Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok.

Namun setelah dilakukan peninjauan secara langsung, Panca menyebut, kendala teknis ternyata menjadi persoalan utama. Pasalnya, data warga yang menjalani vaksinasi tidak terinput secara maksinal akibat koneksi internet yang masih sangat lemah.

“Jadi saat proses vaksinasi sudah dilakukan, biasanya terjadi gangguan koneksi internet yang menyebabkan keterlambatan dalam memasukan data secara online,” jelasnya.

Meskipun demikian, Panca tetap mengapresiasi peran, dukungan, dan kinerja opyinal seluruh personel Polri, ASN, tenaga kesehatan, dan anggota Bhayangkari se-jajaran Polres Langkat, dalam upaya mensukseskan gerakan vaksinasi nasional.

“Saya tentunya mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Polres Langkat. Saya bangga, karena anda semua adalah pahlawan kesehatan,” ujarnya, sembari menghimbau seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan aktif mensosialisasikannya kembali kepada masyarakat yang lain.

Sebelumnya, Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok, mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kunjungan Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak ke Kabupaten Langkat.

Dia pun menegaskan tekad dan komitmen Polres Langkat mendukung gerakan vaksinasi nasional, terutama dalam menindaklanjuti instruksi Kapolda Sumatera Utara untuk memenuhi target minimal vaksinasi di Kabupaten Langkat sebesar 70 persen pada 2021 ini.

“Kami tentunya siap merespon arahan dan instruksi Bapak Kapolda Sumut untuk melakukan peningkatan jumlah warga yang menjalani vaksinasi. Mengenai permasalahan input data sertifikat vaksin, kami siap mengerahkan para relawan yang didukung tim dari Telkom dan Dinas Infokom Kabupaten Langkat,” terang Danu.

Turut hadir, Irwasda Polda Sumatera Utara, Kombes Armia Fahmi, Kepala SPN Hinai, Kombes Teguh Yuswardhie, Kabid TIK, Kombes R Sinambela, Danyonif 8 Marinir Tangkahannlagan, Letkol (Mar) Farick M, dan Kabag Ops Polres Langkat Kompol M Arif Batubara. (bang)

Share this Article
Leave a comment