Pasien Positif Covid-19 Sumut Tambah Lima Orang

admin dirma
admin dirma
3 Min Read


MEDAN – Jumlah orang terpapar Covid-19 di Sumatera Utara kembali mengalami tren peningkatan. Hingga 4 Mei 2020 ini, tercatat 129 pasien dinyatakan positif terjangkit Covid-19.


Sebaliknya, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumatera Utara, tercatat mencapai 162 orang. Dimana, 41 pasien telah dinyatakan sembuh dan 13 lainnya meninggal dunia. 

“Kemarin, pasien positif terjangkit Covid-19 ada 124 orang. Namun hari ini bertambah lima. Sehingga toalnya ada 129 orang,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah, Senin (04/05/2020).


Diakui Aris, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara sudah mengerahkan berbagai cara maksimal untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.


Salah satunya ialah melakukan pengujian sampel secara masif, pelacakan agresif, hingga isolasi yang dilakukan secara ketat.


“Terkait pengujian sampel, kita sendiri telah mengirimkan 855 sampel ke Laboratorium PCR USU, dan yang belum keluar hasilnya ada sebanyak 291 sampel,” terang Aris.


Sementara untuk pengujian sampel di Litbangkes RI, dia menyatakan ada sebanyak 930 sampel sudah dikirim. Namun tinggal 42 sampel saja yang belum keluar hasilnya.


Menyikapi grafik peningkatan orang terpapar Covid-19 yang signifikan dalam tiga hari terakhir, Aris kembali mengingatkan masyarakat agar tidak panik dan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.


Selain itu, dia juga meminta masyarakat untuk beralih menggunakan jasa dan layanan daring, demi memenuhi beberapa jenis kebutuhan rumahtangga, sosial, dan ekonomi.


Apalagi menurut Aris, saat ini sudah banyak layanan dan program aplikasi yang menyediakan jasa dan barang kebutuhan pokok secara daring.


“Sekarang kan sudah ada aplikasi belanja online. Bahkan ada aplikasi khusus untuk konsultasi kesehatan. Sehingga, kita tak perlu datang ke dokter atau rumah sakit,” ucapnya.


Secara khusus Aris turut berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikhlas mendukung dan membantu mengoptimalkan upaya percepatan penanganan Covid-19 di Sumatera Utara.

Apalagi sejauh ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara telah menerima donasi mencapai lebih dari Rp 495 juta melalui rekening Sumut Peduli Covid-19.


“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh donatur. Mari kita perkuat kepedulian dan solidaritas di tengah pandemi Covid-19. Mudah-mudahan wabah ini segera berakhir. Bersama kita bisa,” pungkas Aris. (zf)

Share this Article
Leave a comment