Pasca Lebaran, Bupati Asahan Sidak Layanan Disdukcapil

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

ASAHAN – Pasca libur Idulfitri 1441 Hijriah, Bupati Asahan, H Surya BSc, menggelar inpseksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD). Hal itu dilakukan guna memastikan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik berjalan baik.

 

Salah satu tempat yang menjadi sasaran kunjungan itu ialah Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Asahan di Jalan Topan, Kota Kisaran, Rabu (27/05/2020) pagi.

 

“Saya datang ke sini, tidak lain untuk memastikan dan memantau proses pelayanan administrasi kependudukan tetap berjalan atau tidak. Sebab saya meminta pelayanan tetap harus berjalan dan tidak terganggu meskipun dalam suasana Lebaran dan di tengah pandemi Covid-19,” terang Surya.

 

Dia juga mengakui, persediaan blanko KTP Elektronik di Kabupaten Asahan hingga saat ini masih relatif aman. Pasalnya, Disdukcatpil Kabupaten Asahan baru mendapat kiriman 4 ribu lembar blanko KTP Elektronik dari pemerintah pusat.

 

Secara khusus, saya juga minta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar senantiasa memberikan himbauan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dan menerapkan protokol social distancing,” ujar Surya.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadis Dukcatpil) Kabupaten Asahan, Supriyanto, menyatakan, pihaknya tetap membuka layanan administrasi kependudukan, walaupun dalam situasi pandemi Covid-19.

 

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sesuau instruksi dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, khususnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 

“Hanya saja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kita tetap berpedoman pada protokol pencegahan Covid-19, dengan meniadakan rekam data kependudukan, layanan tatap muka langsung, dan memberi pelayanan secara daring (online) melalui aplikasi whatsapp,” terang Supriyanto.

 

Turut hadir mendampingi kegiatan sidak tersebut, antara lain Asisten Sekdakab Asahan Bidang Pemerintahan, Asisten Sekdakab Asahan Bidang Ekonomi Pembangunan, Kadis Kominfo, Kadis Perkim, dan Kabag Pemerintahan Setdako Asahan. (nz)

Share this Article
Leave a comment