Lebih Cepat Dari Daerah Lain, Bupati Surya Serahkan LKPD Asahan Ke BPK RI Sumut

admin dirma
admin dirma
4 Min Read

ASAHAN-Bupati Asahan H Surya Bsc secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Asahan Tahun Anggaran (TA) 2019 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Penyerahan LKPD Kabupaten Asahan tersebut langsung diterima Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan, SE, M.M, CSFA, AK, bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Utara Medan Rabu (19/02/2020).

Proses penyerahan LKPD diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh Bupati Asahan H. Surya kepada Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Utara.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang tetap komien dan patuh dalam melaksanakan UU No. 17 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pemkab Asahan adalah merupakan Kabupaten/Kota yang tercatat lebih awal menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) setelah Pemko Siantar

“Pemerintah Kabupaten Asahan’ adalah merupakan daerah kedua yang menyerahkan LKPD setelah Pemko Siantar. Tapi bagi kami tetap merupakan yang pertama,setiap tamu yang datang mengantarkan Laporan Keuanga Daerah” ujar Eydu penuh canda gurau.

Eydu menambahkan bahwa penyerahan LKPD merupakan amanat UU No. 17 Tahun 2013, yang mewajibkan setiap Pemerintah Daerah harus menyerahkan LKPD selambat-lambatnya 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Maka dengan diserahkannya LKPD Asahan kepada BPK RI telah sesuai dengan amanat dari undang-undang.Apalagi ini baru 2 berjalan setelah anggaran 2019 berakhir.

“Untuk itu mulai hari ini BPK akan melakukan pemeriksaan secara rinci LKPD Asahan. Pemeriksaan laporan ini untuk memberikan Opini yang telah diuji oleh BPK, dan salah satu yang menjadi penilaian adalah tindak lanjut hasil pemeriksaan,” jelas Eydu.

Disamping itu diakui Eydu, selama ini dari hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut selalu mengedepankan prinsip-prinsip integritas, independensi dan profesional dalam pemberian Opini yang diselaraskan dengan pemberian laporan keuangan dari setiap Kabupaten/kota.

Meski begitu, BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut tetap memberikan beberapa catatan salah satunya terkait penerapan Sistem Keuangan Berbasis Akrual, dimana Pemkab Asahan dalam hal pencatatan masih belum sepenuhnya Akrual.

Perihal penyerahan LKPD Pemerintah Kabupaten Asahan tahun 2019. Bupati Asahan H. Surya, BSc, mengatakan penyerahan LKPD adalah merupakan kegiatan rutin tahunan yang harus dilaksanakan dan dipatuhi oleh Pemerintah Kabupaten Asahan.

Laporan keuangan yang diserahkan, kita harapkan bukan hanya sekedar laporan rutin saja, akan tetapi benar-benar mampu untuk meningkatkan kualitas laporan pengelolaan keuangan daerah terutama di Kabupaten Asahan.

Untuk itu dalam rangka terus melakukan penyempurnaan penyajian Laporan LKPD Kabupaten Asahan, tak lupa Bupati H. Surya berharap arahan dan bimbingan dari Tim Pemeriksa BPK RI dan audit yang dilakukan hendaknya secara Obyektif.

“Oleh karena itu, kami mohon arahan dan bimbingan dari pihak BPK RI, agar kami dapat terus meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang berujung pada peningkatan kualitas pelaksanaan tugas-tugas ASN di Kabupaten Asahan” sebut Bupati.

Lebih lanjut dikatakan H Surya, Pemkab Asahan akan terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan dalam melakukan penggunaan anggaran. Hal ini agar dapat menjadi tolak ukur penilaian publik terhadap Pemerintah Kabupaten Asahan dalam pengelolaan keuangan daerah dengan prinsip akuntabilitas.

Artinya Pemerintah Kabupaten Asahan siap bersinergi dengan BPK RI Perwakilan Sumut dalam meningkatkan Akuntabilitas Keuangan Kabupaten Asahan lebih baik lagi kedepannya. ujar Bupati Surya.

Ikut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kepala Auditorat Sumut I Nugroho Heru Wibowo, SE, M.Comm, AK, Kepala Sub Auditor Sumut III Syafruddin Lubis, SE, Ak., CA, Inspektur Zulkarnain Nasution, SH, Kepala BPKAD Ismet, Kadis Pendapatan Drs. Sorimuda, Kadis Kominfo Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MS..(Nz)

Share this Article
Leave a comment