Lagi, Pemkab Deliserdang Bagikan Ribuan Masker

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

DELISERDANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang terus melakukan berbagai langkah dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kali ini, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deliserdang, H Darwin Zein, bersama unsur pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deliserdang, berserta relawan Pramuka, membagikan 2 ribu masker kain kepadawarga Kota Lubukpakam, Jumat (08/05/2020).

Pembagian masker kain dikakukan di beberapa titik, antara lain di Jalan Sutomo, Simpang Pantailabu, dan persimpangan jalan menuju Kota Lubukpakam, dengan sasaran pengemudi maupun penumpang sepeda motor, sepeda motor, dan becak.

Sehari sebelumnya, Kamis (07/05/2020), Sekdakab Deliserdang, H Darwin Zein, juga terjun memimpin langsung kegiatan berbagi masker kepada warga dan para pengguna kendaraan di Kecamatan Tanjungmorawa.

Darwin Zein mengatakan, upaya tersebut merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Deliserdang meningkatkan kesadaran masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dimana, salah satu ketentuannya ialah mewajibkan setiap orang menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Kita juga ingatkan maayarakat, kalau ada perantau atau keluarga yang datang dari daerah ke Deliserdang, agar melaporkan dirinya kepada kepala dusun atau kepala desa setempat, maupun kepada relawan desa,” serunya.

Di sisi lain, dia juga meminta lurah dan kepala desa, kepala lingkungan dan kepala dusun, serta seluruh perangkat desa di Kabupaten Deliserdang, agar lebih proaktif dan mampu berperanserta secara optimal dalam mendata pendatang maupun warga yang baru kembali dari luar daerah.

Jika diketahui ada pendatang atau warga yang baru kembali dari luar negeri ataupun luar daerah, maka mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Sehingga kemungkinan terjadinya penularan dan penyebaran Covid-19 dapat dicegah.

”Selain itu, mari kita galakan budaya cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Apabila mengalami sakit dengan gejala demam tinggi, disertai batuk dan sesak nafas, maka segeralah melapor kepada petugas di fasilitas kesehatan terdekat,” pinta Darwin Zein. (zf)

Share this Article
Leave a comment