Kampung Benih Hortikultura, Diharapkan Tingkatkan Potensi Ekonomi Di Sektor Perbenihan

webadmin
webadmin
2 Min Read

BINJAI – Dengan dicanangkannya kampung benih hortikultura ini, diharapkan potensi-potensi ekonomi di sektor perbenihan akan lebih tergali lagi. Hal ini diucapkan Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP saat meresmikan kampung benih holtikultura Kota Binjai di Jalan Kecipir Kel. Payaroba, Selasa (29/11).

Dalam kegiatan yang diprakarsai oleh Dirjen Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian RI, Ir. Tomy Nugraha MM., Wali Kota menyebutkan, dengan diresmikannya kampung benih hortikultura ini, diharapkan mampu memotivasi semua lini baik pemerintah dan masyarakat kota Binjai untuk mengembangkan bidang pertanian.

Wali Kota Binjai menjelaskan, Kota Binjai termasuk sentra penangkar benih hortikultura di Sumatera Utara, karena lebih dari 15 tahun sebagian masyarakat Kota Binjai menggeluti bidang ini.

Berbagai jenis tanaman dan varietas yang di produksi secara rutin adalah komoditas hortikultura seperti, benih rambutan, benih jambu, benih durian, benih mangga, benih manggis, benih alpukat, benih cempedak dan banyak lainnya. Ia menyatakan, dalam pertahunnya, lebih dari 4 juta bibit dihasilkan dengan nominal Rp 80 miliar per tahun. Ia menyebut, hal ini menunjukan usaha penangkar benih hotikultura yang berbasis UMKM di Kota Binjai dapat menjadi solusi untuk mengatasi pengangguran, memberdayakan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Binjai.  

Dirjen Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian RI Tomy Nugraha menyampaikan kampung benih holtikultura dilaksanakan untuk menjamin produk benih dan memiliki kualitas sehingga menciptakan bibit yang unggul dan memiliki produksi yang banyak. “Semoga kota Binjai menjadi inisiator pada pengembangan holtikultura dan bibit unggul untuk negara kita yang memiliki lahan yang masih cukup luas,” sebut Tomy Nugraha.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Pertanian Provsu Ir. Lusiantini, MM., Danramil 16/BU Kapten Kav Slamat Jaya, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Kajari Kota Binjai M. Husein Admaja, Staf Ahli Bid Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan Kota Binjai dr. Heri Hendri, Kadis Ketapang dan Pertanian kota Binjai Ralasen Ginting, para Camat se-kota Binjai, Forkopimca Kec Binjai Barat, serta para penangkar dan kelompok tani holtikultura Kota Binjai.(Vida)

Share this Article
Leave a comment