Amir Hamzah Hadiri Kunjungan Kerja Komisi II DPR-RI di Langkat

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

BINJAI – Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP turut menghadiri Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR-RI Terkait Penyelenggaraan Pemerintahan di Level Desa di Aula Kantor Bupati Langkat, Rabu (25/5/2022). 

Dalam kunjungan kerja ini, hadir pula Bupati Langkat Syah Afandin, SH., beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Langkat, Ketua Tim Komisi II DPR-RI Dr. H. Doli Kurniawan Tanjung,  S.Si. MT., Wakil Ketua Komisi II DPR-RI Dr. Junimart Girsang, SH., MBA., MH., Wakil Ketua Komisi II Fraksi Nasdem Saan Mustopa, M.Si., serta anggota Komisi II DPR-RI lainnya. Dalam hal ini, Wali Kota Binjai didampingi pula oleh Kepala BKD Kota Binjai Rahmad Fauzi Salim, Kepala BPKPAD Kota Binjai Erwin Toga Tua Parulian, Kepala Bagian Pemerintahan Adri Rivanto, Asisten II Pemko Binjai Affan Siregar, Camat Binjai Barat, dan Lurah Cengkeh Turi.

Ketua Tim Komisi II DPR-RI Doli Kurniawan dalam paparannya menjelaskan semakin kedepan fokus pembangunan akan lebih terkonsentrasi, dan entitas terkecil dari pemerintahan adalah penyelenggaraan pemerintah desa. Pemerintahan desa yang baik akan mendukung tingkat pemerintahan yang lebih tinggi pula. 

Ia menjelaskan, kedatangan Komisi II DPR-RI dalam kesempatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemerintahan desa yang terjadi selama ini, dan bagaimana proses pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat melalui pemerintahan desa. 

Ia pun menyampaikan, pada kenyataannya pemilihan kepala desa menjadi ajang yang dinamis dan rawan konflik jika dibandingkan dengan pemilihan di tingkat yang lebih tinggi. “Itu sebabnya kita harus mencari tahu bagaimana cara dari pimpinan daerah dalam mencegah hal tersebut,” jelasnya. 

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR-RI ke Kabupaten Langkat merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengkaji RUU Pemerintahan Desa. Dalam hal ini, Tim dari Komisi II DPR-RI melakukan tanya jawab dengan pimpinan daerah terkait yakni Bupati Langkat dan Wali Kota Binjai.(nov)

Share this Article
Leave a comment