Amir Hadiri Peresmian Gedung NPIC Kota Binjai

admin dirma
admin dirma
3 Min Read

BINJAI – “Semoga dengan diresmikannya gedung ini, dapat menjadi wadah berlatih para atlet difabel Kota Binjai,” ucap Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP saat meresmikan sekretariat National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kota Binjai bersama Wakil Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP., MP., Jumat (10/6/2022) di GOR Binjai. 

Dalam sambutannya, Wali Kota menyebutkan penyandang disabilitas memiliki hak dan kedudukan yang sama di depan hukum dan pemerintahan. Adanya NPCI ini menurutnya sebagai wadah yang bertanggung jawab sepenuhnya untuk menghimpun, membina, melatih, dan membentuk atlet olahraga disabilitas yang berkwalitas dan bertaraf internasional. Serta untuk mengkoordinasikan setiap kegiatan olahraga disabilitias baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. 

“Saya atas nama Pemko Binjai menyambut baik berdirinya NPCI ini,” ucap Wali Kota. Ia berharap dengan diresmikannya gedung ini dapat dipergunakan dengan baik untuk pelatihan dan pembinaan kader baru. “Gedung ini merupakan harapan baru dan bentuk pelayanan bagi adik-adik disabilitas di Kota Binjai,” ungkapnya lagi.

Wali Kota menambahkan, Pemerintah Kota Binjai juga memberikan bonus untuk para atlet berprestasi. Hal ini sebagai bentuk penghargaan dan apreasiasi atas prestasi yang didapat dan mengharumkan Kota Binjai. “Jangan pernah merasa rendah diri, terus menangkan prestasi di semua ajang dan banggakan Kota Binjai kita ini,” tandasnya pula. Ia pun menekankan siap untuk mendukung tiap kegiatan yang dapat mengharumkan Kota Binjai. 

Kadispora Kota Binjai Iwan Setiawan, SE., M.Pd dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa para atlet disabilitas Kota Binjai banyak mengukir prestasi terutama pada PON 2021. “ini membuktikan bahwa keterbatasan bukan hambatan untuk mengukir prestasi,” ucapnya. “Kami atas nama Dispora Kota Binjai mengucapkan terimakasih kepada bapak Wali Kota Binjai dan para dermawan yang sudah menyisihkan sejumlah dana untuk terselenggaranya kantor NPCI Kota Binjai ini,” tambahnya lagi. 

Sekretaris NPCI Sumut Suliadi menyampaikan NPCI merupakan sarana untuk pembinaan olahraga khusus disabilitias yang kedudukannya sama dengan KONI. “Alhamdulillah prestasi atlet kita sangat luar biasa, dan semoga ke depannya makin baik lagi terutama dengan adanya NPCI di Kota Binjai ini,” ucapnya.

Hadir dalam peresmian ini Kakan Kemenag Kota Binjai H. Saparuddin, Sekretaris NPCI Provsu Suliadi, Ketua Komisi B DPRD Kota Binjai H. Juli Sahwitma Nasution, Ketua NPCI Kota Binjai Sri Rahayu, Ketua KONI Kota Binjai Agus Spriantono, Kepala Yayasan STOK Bina Guna Liliana Puspa Sari, Kasatpol PP Binjai Hardiansyah Putra Pohan, Asisten I Wali Kota Binjai Ernawati, perwakilan Polres Binjai, perwakilan Danramil, camat se-Kota Binjai, dan lurah se-Kota Binjai.(nov)

Share this Article
Leave a comment