8 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

admin dirma
admin dirma
2 Min Read

MEDAN – Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Whiko Irwan menyampaikan perkembangan terbaru penanganan pasien Covid-19. Antara lain, adanya 8 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kemudian, ada 76 kasus positif dan 7 orang meninggal dunia.

“Dari data di atas menunjukan penyebaran masih berlangsung di Sumut. Kebijakan tanggap darurat harus tetap kita dukung agar warga Sumut tetap melakukan upaya pencegahan,” ujar Whiko Irwan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (7/4).

Menurut Whiko, sembuhnya pasien ini, telah dibuktikan melalui hasil swab dimana virus sudah tidak ada lagi di tubuhnya. Dengan demikian pasien sembuh dapat kembali lagi ke masyarakat tanpa harus melakukan isolasi.

Whiko juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker bila keluar rumah. Masker tidak hanya dipakai bagi orang yang sakit, tapi juga untuk orang yang sehat. Karena 90 % jumlah yang terinfeksi karena droplet dari mata, hidung dan mulut.

“Masker kain tiga lapis dapat melindungi masyarakat sampai 70 %. Gejala demam tinggi, batuk, sesak nafas belum tentu dirasakan oleh semua penderita Covid-19. Akan tetapi gejala ini dapat menularkan kembali pada orang di sekitarnya, terutama orang tua serta orang dengan imunitas rendah. Maka itu penggunaan masker harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Sumut,” katanya.

Whiko juga mengucapkan terima kasih pada petugas kesehatan yang terus berjuang merawat pasien Covid-19 serta mengucapkan terima kasih pada masyarkat yang telah memberikan donasi untuk penanganan Covid-19 di Sumut. 

“Sampai saat ini yang diterima sebesar Rp265.340.000. Bagi anda yang ingin berdonasi dapat melakukan transfer ke rekening Bank Sumut Peduli Covid-19 10001027777777. Marilah kita membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran ini dengan mengikuti semua protokol kesehatan pencegahan,” katanya.(Fauzi)

Share this Article
Leave a comment