39 Pejabat Administrator/Eselon III Dari Berbagai Perangkat Daerah Se-Sumut Ikuti PKA

webadmin
webadmin
4 Min Read

MEDAN – Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI melalui Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provsu melaksanakan Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) bagi para pejabat administrator/eselon III angkatan V, VII, dan VIII, yang hari ini sudah memasuki minggu ketiga, Selasa (20/09/2022).

Diklat PKA yang dahulu bernama Diklat PIM III ini diselenggarakan sejak tanggal 5 September – 29 Desember 2022, di BPSDM Provinsi Sumatera Utara Jl. Ngalengko No.1 Kota Medan, untuk wujudkan Sumut Bermartabat.

Metode pembelajaran yang di berikan adalah Blended Learning, yaitu metode campuran antara Self Learning dimana peserta diberikan Materi melalui aplikasi LMS (Learning Manajemen System) dari LAN RI untuk belajar sendiri dan mengerjakan tugas-tugas secara mandiri selama 2 minggu pertama.

Kemudian dilanjut dengan E-learning dimana peserta belajar secara zoom dan berkelompok untuk berdiskusi memecahkan solusi selama 2 minggu.

Setelah itu tahap Klasikal, dimana peserta belajar secara tatap muka dalam asrama selama 15 hari. Kemudian Studi lapangan, dan yang terakhir mengerjakan Proyek Perubahan.

Metode Blended Learning ini adalah hal yang baru diterapkan pada angkatan ini. Dimana para peserta diharapkam menjadi pemimpin yang siap dalam menghadapi lingkungan birokrasi digital.

Jumlah peserta PKA angkatan V sebanyak 39 orang, merupaka para pejabat administrator/eselon III dari berbagai Perangkat Daerah se-Sumut dan Kota Dumai.

Pada hari ini memasuki minggu ketiga para pejabat administrator/eselon III di PKA angkatan V kelompok II nomor genap, melaksanakan tugas belajar kelompok yang kebetulan pesertanya para kepala bidang (Kabid) di Dinas Kominfo Provsu, Kominfo Langkat, Kominfo Medan, dan Kominfo Binjai.

Adapun para Kabid di Kominfo pada angkatan V ini yaitu:

  1. Harvina Zuhra STP MSi, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Provsu.
  2. Muhammad Faisal SE M.I.Kom, Kabid Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Langkat.
  3. Ahmad Khaidir S.Kom MT, Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Medan.
  4. Dumaria Evi Mawartiku Palamarta Br Gultom SH MH, Kabid Statistik dan Informasi Publik Diskominfo Medan.
  5. Chairul Ihsan SSTP MAP, Kabid Informasi Komunikasi dan Telekomunikasi Publik Diskominfo Binjai.

Widya Iswara (WI) untuk kelas kelompok 2, agenda 2 angkatan V pada hari ini diisi oleh Bapak Zul Pahmi, MPd dari BPDSM Provsu, Minggu.

Materi Kerja Kelompok yang diberikan pada hari ini adalah:

Analisis penerapan kepemimpinan transformasional, strategi komunikasi dan pendayagunaan jejaring kerja dalam rangka menggerakkan stakeholder guna mewujudkan perubahan organisasi.

Zul Pahmi mengharapkan para peserta menjadi pemimpin-pemimpin trasformasional yang membawa perubahan menuju birokasi yang lebih baik, jujur, bersih, transparan dan bekerja cepat serta tepat, di era teknologi digital 4.0 ini.

Selanjutnya, Faisal selaku Kabid IKP Diskominfo Langkat berterima kasih kepada Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, dan Kadis Kominfo Langkat H Syahmadi SSos MSP sudah merestui dirinya mengikuti PKA. Serta kepada BPDSM Provsu yang sudah menerimanya.

“Ini merupakan pengalaman berharga bagi kami pejabat eselon III mengikuti Pembelajaran Blended Learning yang bebasis Aplikasi yang pertama ini diterapkan” ungkapnya dibenarkan oleh Vina, Khaidir, Duma dan Ihsan.

Sembari berharap dirinya dan semua peserta diberi kesehatan dan kemudahan, sehingga dapat menyelesaikan Diklat PKA dengan paripurna, karena minggu ini masih tahap awal pembelajaran pada seluruh rangkaian Blended Learning.(red)

Share this Article
Leave a comment